Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang Akibat Faktor Alam

Assalamu'alaikum wr. wb.
   
 Hari ini kita akan belajar tentang Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang Akibat Faktor Alam dengan tujuan pembelajaran sebagai berikut:
1.  Menganalisis perubahan ruang dan interaksi antar ruang akibat faktor iklim di wilayah negara-  negara ASEAN dengan tepat
2.   Menganalisis perubahan ruang dan interaksi antar ruang akibat faktor geologi di wilayah negara-negara ASEAN dengan cermat
3.  Menganalisis perubahan ruang dan interaksi antar ruang akibat faktor sumber daya alam di wilayah negara-negara ASEAN dengan benar
4. Menyajikan hasil diskusi kelompok mengenai materi perubahan ruang dan interaksi antar ruang akibat faktor alam di wilayah negara-negara ASEAN dengan penuh percaya diri

Pernahkah kalian melakukan kerjasama dengan teman? apa alasan melakukan kerjasama tersebut?

Setiap kerjasama pasti didasari alasan pendorongnya, begitu juga dengan kerjasama negara-negara ASEAN. 
Situasi sosial dan alam dari anggota ASEAN yang cenderung seragam atau homogen dan ketergantungan satu dengan lainnya menimbulkan interaksi yang berwujud kerjasama dalam berbagai sektor kehidupan. Faktor utama yang bisa membuat interaksi antarruang terjadi adalah faktor alam. Faktor alam ini terdiri dari beberapa aspek: faktor alam, faktor geologi dan faktor ketersediaan sumber daya alam.

A.      Faktor Iklim

Perhatikan Peta Berikut ini




Pada pertemuan sebelumnya kalian telah membahas mengenai karakteristik negara-negara di ASEAN sehingga diketahui iklim masing-masing negara. 

Iklim apakah yang mendominasi negara-negara ASEAN?
Mengapa bisa demikian?

Selain iklim matahari, ASEAN juga dipengaruhi iklim lain seperti iklim muson, dan iklim fisis. 
Kawasan Asia Tenggara sering kali terjadi perubahan iklim yang sulit diramalkan, hal ini terjadi karena terjadi kesalahan tata kelola lahan serta perilaku masyarakat yang memicu pemanasan global. 
Perubahan iklim ini memicu terjadinya bencana alam klimatik atau bencana alam yang disebabkan faktor-faktor iklim.

Berikut adalah beberapa contoh bencana klimatik yang terjadi di negara-negara ASEAN:
1. Angin Topan Haiyan
2. Badai Topan Nargis
3. Banjir
4. Kekeringan
5. Kebakaran hutan

B. Faktor Geologi
Kawasan ASEAN ada di wilayah terjadinya tumbukam antarlempeng bumi. Perhatikan peta berikut ini!
Apa dampak dari letak negara-negara ASEAN yang berada di pertemuan lempeng bumi tersebut?
Benar sekali, pertemuan lempeng tersebut menyebabkan banyaknya gunung api di beberapa negara asean sehingga daerahnya rawan terdampak bencana gunung meletus. Tumbukan lempeng tersebut juga mengakibatkan negara-negara asean rawan bencana gempa bumi.

C. Faktor Ketersediaan Sumber Daya Alam
Perhatikan tabel barang tambang negara-negara ASEAN
dari tabel diatas terlihat bahwa setiap negara memiliki sumber daya tambang yang berbeda. Begitu juga dengan sumber daya alam lainnya setiap negara memiliki sumber daya alam yang berbeda. adanya perbedaan ini mendasari adanya interaksi antar negara-negara ASEAN untuk memenuhi kebutuhan negaranya.


Dengan kondisi alam yang demikian, mengakibatkan negara ASEAN rawan bencana alam. Adanya bencana alam tersebut mendasari negara-negara ASEAN melakukan interaksi berupa kerjasama untuk menanggulangi kondisi tersebut. 

Tugas
1. Uraikanlah bagaimana kerjasama negara-negara ASEAN dalam menanggulangi bencana! kesepakatan apa yang dilakukan? badan kerjasama apa yang didirikan? dan bantuan apa saja yang pernah diberikan oleh asean untuk membantu bencana alam di wilayah negara-negara asean?
2.   Bagaimana interaksi antar negara-negara ASEAN dalam memenuhi kebutuhan sumber daya alam yang tidak ada di negaranya?


https://www.youtube.com/watch?v=iTs8HdYuqDU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dinamika Penduduk di Benua Australia

Dinamika Penduduk Afrika