Perubahan Sosial Budaya

Kali ini kita akan belajar mengenai Perubahan Sosial Budaya dengan tujuan pembelajaran sebagai berikut:
Setelah melakukan serangkaian kegiatan pembelajaran, diharapkan peserta didik dapat:
1. menjelaskan pengertian perubahan sosial budaya dengan tepat.
2. menguraikan bentuk-bentuk perubahan sosial budaya dengan cermat.

Sebelum mememasuki pelajaran coba ingat-ingat kembali apakah lingkungan sekitar rumahmu masih sama kondisinya dengan dulu saat kalian masih kecil?

Dalam kehidupan, segala sesuatunya dapat berubah seiring berjalanya waktu. perhatikan gambar berikut ini!








Apa yang kamu pikirkan tentang gambar-gambar tersebut?
Ceritakanlah apa yang terjadi pada gambar-gambar tersebut!

Pengertian perubahan sosial menurut para ahli
 1. Perubahan sosial menurut Gillin dan Gillin, adalah suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, dinamika dan komposisi penduduk, ideologi, ataupun karena adanya penemuan-penemuan baru di dalam masyarakat.
  2. Perubahan sosial menurut Robert Morrison MacIver, adalah perubahan dalam bidang hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan dalam hubungan sosial tersebut.
  3. Perubahan sosial menurut Selo Soemardjan, adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya. Perubahan sosial yang dimaksud mencakup nilai-nilai dan pola-pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Berdasar dari pengertian beberapa ahli di atas dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial merupakan perubahan unsur-unsur atau struktur sosial dan perilaku manusia dalam masyarakat dari keadaan tertentu ke keadaan yang lain. Sedang yang dimaksud dengan perubahan budaya adalah perubahan unsur-unsur kebudayaan karena perubahan pola pikir masyarakat sebagai pendukung kebudayaan.

Budaya dapat diartikan sebagai hasil cipta rasa karsa manusia. Hal-hal yang termasuk dalam perubahan budaya diantaranya adalah perubahan pada alat transportasi, alat komunikasi, serta perubahan pada bidang budaya lainnya.

Perubahan sosial dan perubahan budaya saling berkaitan. Perubahan budaya dapat menyebabkan perubahan sosial dalam masyarakat atau bisa jadi dalam masyarakat terdapat perubahan sosial yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan budaya. Namun yang harus diingat bahwa tidak semua perubahan budaya dapat menyebabkan perubahan sosial atau sebaliknya.


Bentuk-bentuk Perubahan Sosial Budaya
1. Dilihat dari waktunya:
    a. Evolusi
    b. Revolusi
2. Dilihat dari pengaruhnya:
    a. Perubahan yang kecil pengaruhnya
    b. Perubahan yang besar pengaruhnya
3. Dilihat dari perencanaannya
    a. Perubahan yang direncanakan
    b. Perubahan yang tidak direncanakan

Perhatikan gambar dan video berikut ini!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dinamika Penduduk di Benua Australia

Dinamika Penduduk Afrika

Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang Akibat Faktor Alam