Dinamika Penduduk Afrika

Assalamu'alaikum wr. wb
Materi hari ini mengenai Dinamika Penduduk Afrika dengan Tujuan Pembelajaran berikut:
1.  Dengan mengamati tabel, Peserta didik dapat menjelaskan pertumbuhan penduduk benua Afrika dengan  teliti.
2.  Dengan mengamati peta, Peserta didik dapat mengidentifikasi  kualitas penduduk Benua Afrika dengan seksama.
3.    Dengan mengamati gambar, Peserta didik dapat mengidentifikasi komposisi penduduk benua Afrika berdasarkan ras dengan cermat.
4.   Dengan mengamati peta, Peserta didik dapat mengidentifikasi bahasa yang digunakan Penduduk benua Afrika dengan cermat.
5.   Dengan mengamati gambar, Peserta didik dapat mengidentifikasi hasil budaya penduduk benua Afrika dengan teliti 
6. Setelah melakukan kegiatan diskusi, Peserta didik dapat mempresentasikan hasil kerja kelompok masih banyaknya negara-negara miskin dan terbelakang di benua Afrika dengan cermat.


1. Pertumbuhan Penduduk
Pada tahun 2015, jumlah penduduk Afrika mencapai 1.171.000.000 jiwa (WPDS, 2015). Angka tersebut bertambah sebesar 265.000.000 jiwa dari jumlah penduduk tahun 2005 yang berjumlah 906.000.000 jiwa.

2. Persebaran Penduduk


3. Kualitas Penduduk
Kualitas penduduk Afrika umumnya relatif rendah. Berdasarkan kriteria Human Development Index (HDI), Beberapa negara memiliki kualitas penduduk yang tinggi seperti Aljazair dan Tunisia. Negara yang kualitas penduduknya tergolong sedang antara lain Mesir, Afrika Selatan, dan Namibia. Negara dengan kualias penduduk rendah di antaranya adalah Sudan, Ethiopia, Kenya, dan Chad.

4. Persebaran Ras Penduduk Afrika
a. Ras Negro yang mendiami sebelah selatan Gurun Sahara merupakan penduduk mayoritas. Ras negro ini terdiri atas beberapa suku bangsa seperti Suku Masai, Suku Kikuyu, Suku Zulu, Suku Sudan, dan Suku
Bantu.
b. Ras Kaukasoid dari keturunan Arab yang mendiami Afrika Utara. Ras ini terdapat di sepanjang pantai Laut Tengah dan terdiri atas dua suku bangsa yaitu suku bangsa Semit dan suku bangsa Hamid.
c. Ras Kaukasoid dari keturunan Eropa dengan kulit putih, keturunan Eropa ini jumlahnya sedikit dan banyak tinggal di Afrika Selatan.
d. Suku  pribumi  merupakan  penduduk  asli  yang  banyak  tinggal  di daerah-daerah pedalaman. Suku pribumi terdiri atas Suku Pygmy di hutan Kongo, Suku Bushman di Gurun Kalahari, dan Suku Hottentot di Afrika Selatan. 

5. Persebaran Bahasa di Afrika
Empat kelompok bahasa penduduk benua Afrika, yaitu: 
a. Afro-Asiatika, meliputi Afrika bagian utara, 
b. Nilo-Saharan, mencakup wilayah Tengah dan Timur Afrika,
c. Congo-Saharan (Niger-Congo), mencakup dua pertiga Afrika sebagai cabang utama Niger-Congo,
d. Khoisan, mencakup bagian barat Afrika Selatan, 

Contoh Tarian dari Afrika

Masalah Di benua Afrika


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dinamika Penduduk di Benua Australia

Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang Akibat Faktor Alam