Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang Antar Negara Terhadap Kehidupan Ekonomi

Assalamu'alaikum wr. wb.
Sebelum memasuki materi, lihatlah Handphone kalian. Darimanakah asal handphonemu? Bagaimana handphone itu bisa sampai ke tanganmu?

Handphone merupakan salah satu barang yang sebagian besar berasal dari perusahaan luar negeri. hal tersebut berarti bahwa ada hubungan antara Indonesia dengan negara lain. Nah, kondisi tersebut berhubungan dengan materi yang akan kita bahas yaitu mengenai pengaruh perubahan ruang dan interaksi antarruang antar negara tehadap bidang ekonomi. 

Tujuan pembelajaran kita kali ini yaitu:
  1. Melalui kegiatan tanya jawab, peserta didik diharapkan dapat mendeskripsikan interaksi antar ruang.
  2. Melalui kegiatan tanya jawab, peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi perubahan ruang.
  3. Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat menguraikan dampak positif interaksi ruang antar negara dibidang ekonomi dengan penuh tanggungjawab.
  4. Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat menguraikan dampak negatif interaksi ruang antar negara dibidang ekonomi dengan penuh tanggungjawab.
  5. Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat mencari solusi untuk mengantisipasi dampak negatif dari interaksi ruang antar negara dibidang ekonomi dengan tepat.
Saat kalian kelas 7 kalian belajar tentang interaksi antarruang dalam lingkup wilayah, saat kelas 8 lingkupnya semakin luas yaitu antar negara-negara ASEAN. Nah kali ini kita belajar interaksi sosial dengan lingkup yang lebih luas lagi yaitu antar negara di benua Asia dan benua lainnya.

Adakah yang masih ingat apa yang dimaksud Interaksi antar ruang? 

Benar sekali, interaksi antarruang itu timbal balik antara satu wilayah dengan wilayah lain yang bisa terjadi dalam berbagai bentuk. Misalnya berupa pergerakan orang, barang, dan informasi. Adanya pergerakan inilah yang menyebabkan terjadinya perubahan baik di negara asal maupun negara tujuan.

Sekarang coba sebutkan contoh interaksi antarruang antar negara yang anda ketahui!
Kerjasama antarnegara

Perdagangan Internasional

Wisatawan yang datang ke Indonesia

Pertukaran Pelajar

Dari berbagai kegiatan interaksi antarruang antar negara tersebut menyebabkan terjadinya perubahan baik di negara asal maupun negara tujuan. Di Asia dan benua lainnya, perubahan ruang terlihat dari adanya alih fungsi lahan dari hutan menjadi pertanian dan permukiman, serta dari pertanian menjadi permukiman.

Perhatikan video tentang alih fungsi lahan berikut ini!

Interaksi antarruang dan perubahan ruang tersebut memberikan pengaruh terhadap berbagai bidang, salah satunya bidang ekonomi.

Di bidang ekonomi, ada beberapa faktor yang mempengaruhi Interaksi antarruang:
  1. Perbedaan sumberdaya alam
  2. Kebutuhan yang salah satunya adalah kebutuhan akan barang dan jasa yang tidak mampu diproduksi oleh suatu negara. 
  3. Kebutuhan akan sumber daya modal yang diperlukan untuk menjalankan usahanya.
  4. Kebutuhan akan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhannya. Tenaga kerjanya ini tidak hanya tenaga kerja lokal. Tapi juga tenaga kerja asing dari berbagai negara yang berbeda-beda.
  5. Kemudahan untuk mendapatkan informasi dari negara-negara lain di seluruh dunia karena sudah adanya kemajuan teknologi.
Setelah mengetahui faktor-faktornya, sekarang kita coba lihat dampak positif dan negatifnya melalui pengamatan artikel berikut ini.
  • Setelah membaca dan memahami kasus di atas, kemukakan tanggapan kalian tentang artikel tersebut?
  • Menurut kalian apa saja dampak positif dan negatif dari investasi asing tersebut?
  • Bagaimana upaya untuk mengantisipasi dampak negatif tersebut?







   


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dinamika Penduduk di Benua Australia

Dinamika Penduduk Afrika

Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang Akibat Faktor Alam