Dinamika Penduduk di Benua Australia

Assalamualaikum wr wb.
Materi kita hari ini tentang Dinamika Penduduk di Benua Australia

Benua Australia adalah benua yang terkecil yang terletak di bagian bumi selatan. Australia merupakan negara yang terdiri atas 6 negara bagian dan dua territorial.



Pada tahun 2015 penduduk Australia mencapai 23.900.000 jiwa. Pada tahun 2005, jumlah penduduknya mencapai 20.400.000 jiwa atau terjadi penambahan sebesar 3.500.000 jiwa dalam kurun waktu 10 tahun.

Perhatikan peta persebaran penduduk berikut ini!
berdasarkan peta diatas dapat kita lihat bahwa persebaran penduduk di benua Australia tidak merata.
Daerah dengan penduduk paling padat ada pada kota-kota berikut ini:

Kualitas penduduk
Berdasarkan peta dunia menurut Indeks Pembangunan Manusia, penduduk Australia memiliki kualitas penduduk sangat tinggi.

Penduduk Australia
Sebagian besar (92%) penduduk Australia adalah bangsa kulit putih atau ras kaukasoid, selebihnya adalah dari Asia (7%), Aborigin dan lainnya (1%). Bangsa kulit putih umumnya adalah dari Eropa yang sebagian besar berasal dari Inggris dan Irlandia, sisanya dari Italia, Belanda, dan Skotlandia, Jerman, dan Yunani. Penduduk yang berasal dari Asia, sebagian besar dari China dan India.

Agama yang dianut
Sebagian besar penduduk Australia beragama Kristen Protestan (61,2%), Budha (2,5%), Islam (2,2%), Hindu (1,3%), dan sejumlah agama lainnya. Besarnya penduduk yang beragama Kristen tidak lepas dari banyaknya penduduk Australia yang berasal dari Inggris dan negara lainnya di Eropa.

Bahasa yang digunakan
Sebagian besar penduduk pendatang berasal dari Eropa, maka budaya Eropa tampak lebih dominan. Salah satunya adalah dalam hal penggunaan bahasa. Bahasa nasional Australia adalah Bahasa Inggris. Semua penduduk di Australia didorong untuk meguasai Bahasa Inggris.

Budaya Australia
Australia memiliki budaya yang beragam. Budaya Australia terdiri atas budaya suku asli yaitu suku Aborigin dan penduduk selat Torres, serta budaya suku pendatang.
Suku Aborigin


Bumerang adalah senjata lempar khas suku Aborigin dari Australia yang digunakan untuk berburu.

Didgeridoo (atau didjeridu) adalah alat musik tiup penduduk asli Australia dari bagian utara Australia. Sebuah didjeridu biasanya berbentuk silinder atau cenderung kerucut, serta berukuran panjang sekitar 1 sampai 2 meter, kebanyakan berukuran 1,2 meter.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dinamika Penduduk Afrika

Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang Akibat Faktor Alam